Menpan-RB Asman Abnur: Hadapi Zaman yang Terus Berkembang, Generasi Muda Harus Siap Saing - Sumatera Executive

Breaking

Sunday, May 13, 2018

Menpan-RB Asman Abnur: Hadapi Zaman yang Terus Berkembang, Generasi Muda Harus Siap Saing


Padang (SUMBAR). SE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur, sewaktu memberikan sambutan dalam acara wisuda Universitas Dharma Andalas di Pangeran Beach Hotel Padang, Sabtu (12/5), mengatakan "Generasi muda saat ini dan masa datang diharapkan harus menguasai banyak hal dan siap saing, agar tak tertinggal oleh zaman yang terus mengalami perubahan dan perkembangan. Alasannya, dilihat dari angka pengangguran di Indonesia saat ini mencapai 42 persen. Dan itu pun disumbang oleh lulusan SLTA yang mayoritas dari sekolah menengah kejuruan (SMK)". 

Oleh karena itu, ujar Asman, baik pemerintah dan pihak terkait harus memikirkan langkah-langkah untuk mengantisipasi hal demikian. Salah satunya membaca perubahan era yang semakin canggih. 

“Yang harus kita fikirkan ke depan adalah, bagaimana membaca perubahan-perubahan yang terus terjadi. Lihat saja sekarang, industri dunia kerja sudah banyak memakai sistem teknologi yang canggih, sehingga tenaga kerja yang dapat diserap adalah yang menguasai teknologi dan memiliki mutu kerja. Dan bagi yang tidak memilikinya akan terpinggirkan. Untuk itu mari kita sikapi bersama, tentunya generasi muda agar mampu menyiapkan dan membekali diri masing-masing,” cetusnya.

Ia menambahkan, begitu pula di lingkungan pemerintahan, saat ini yang menjadi ukuran di kalangan aparatur sipil negara (ASN) bukan lagi kehadiran, tapi adalah capaian kinerja.

“Jadi ada beberapa hal yang harus dikuasai ASN. Salah satunya skill, akurasi dan etos kerja disertai integritas yang tinggi. Selanjutnya bagaimana membangun komunikasi dan koordinasi yang baik, terlebih menguasai bahasa Inggris,” tuturnya.

Seperti diketahui terang Menteri itu lagi, Pemerintah Pusat di 2018 sedang gencarnya memperbaiki sarana dan infrastruktur disertai sumber daya manusia (SDM). Hal itu mengingat tanpa sarana infrastruktur yang memadai tentunya semuanya agak berjalan lambat. Begitu juga tanpa SDM yang mumpuni, roda pemerintahan bangsa tidak akan berjalan cepat sesuai tuntutan zaman. 

“Salah satunya terlihat dalam proses rekruitmen CPNS yang dilakukan secara ketat, dimana akan ada tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang serta lain sebagainya. Yang Insyaallah untuk 2018 ini dalam waktu dekat akan diumumkan penerimaan CPNS bagi pemerintah kota, kabupaten dan provinsi serta kementerian,” tukuknya mengakhiri. (dv/dn)

No comments:

Post a Comment

PT.Sumatera Executive News Mengucapkan, Selamat datang di Website www.sumateraexecutive.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas