Pembenahan Danau Cimpago, Kapolda Sumbar Fakhrizal Apresiasi Kinerja BWSS V - Sumatera Executive

Breaking

Thursday, September 05, 2019

Pembenahan Danau Cimpago, Kapolda Sumbar Fakhrizal Apresiasi Kinerja BWSS V

bwss%2Bv.%2Bfestival%2Bdanau%2Bcimpago

Padang (SUMBAR). SE - Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V (BWSS V), Maryadi Utama bersama Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Inspektur Jenderal Polisi (Irjenpol) Fakhrizal  menyusuri Danau Cimpago, Kota Padang Sumbar sekaligus membersihkan sampah sebagai tanda dimulainya Festival Danau Cimpago.

Danau seluas dua hektar yang berada di Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang ini, saat ini tidak hanya berfungsi sebagai pintu air dan pengendali banjir. Kawasan ini menjadi objek wisata baru serta taman edukasi bencana dan taman rekreasi bagi keluarga.

Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal mengapresiasi BWS Sumatera V yang telah berupa membenahi Danau Cimpago, sehingga menjadi kawasan destinasi wisata di Kota Padang.

"Dulu kawasan ini tidak sebersih yang sekarang. Jika sebelumnya masyarakat malas datang ke sini karena kurang bersih, sekarang berubah menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi," kata Fakhrizal usai pembukaan Festival Danau Cimpago 2019 Kamis (5/9), 

Festival Danau Cimpago 2019 berlangsung selama dua hari hingga Jumat (6/9). Festival ini kerjasama BWSS V dengan Polda Sumbar. Kegiatan ini diadakan dalam rangka HUT-RI ke 74 Tahun dan Hari Gerak Bhayangkari ke 67

Sementara itu, Kepala BWSS V, Maryadi Utama berharap dengan kegiatan ini, kawasan Danau Cimpago menjadi destinasi wisata lingkungan dan pusat kegiatan ekonomi bagi komunitas peduli sungai dan masyarakat sekitar.

Selain menyusuri danau dalam rangka membersihkan sampah, Kapolda Sumbar Inspektur Jenderal Polisi Fakhrizal bersama Kepala BWS V Sumatera, Maryadi Utama juga menyebar bibit ikan ke Danau Cimpago, melakukan penanaman pohon serta peresmian taman kebun.

Saat di lahan sekitar Danau Cimpago Pantai Padang ada Green Garden Danau Cimpago. Green Garden Danau Cimpago ini di antaranya berupa tanaman hidroponik yang diserahkan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera V kepada Kelurahan Purus Kota Padang.

Penyerahan dilakukan secara simbolis pada pembukaan Festival Danau Cimpago oleh Kapala Polisi Daerah (Kapolda) Sumbar, Fahkrizal pada Kamis 5/9/2019).

Selain itu, juga diserahkan buku bacaan untuk taman bacaan Danau Cimpago.

Kepala BWSS V, Maryadi Utama mengatakan dengan adanya tanaman hidroponik akan menjadikan Danau Cimpago sebagai destinasi wisata di Sumatera Barat.

"Kita berharap dengan adanya tanaman hidroponik ini bisa meningkatkan pengunjung ke Danau Cimpago, sehingga menjadi destinasi wisata di Sumatera Barat," kata Maryadi Utama.

Selain itu, Maryadi Utama juga mengungkapkan lahan di sekitar Danau Cimpago juga akan dijadikan sebagai pusat perekonomian untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar Danau Cimpago.

"Green Garden Danau Cimpago ini dikelola oleh Komunitas Peduli Sungai (KPS), rencananya akan dijadikan sebagai pusat ekonomi dan tempat nongkrong berupa kafe-kafe," tambahnya.

Maryadi Utama mengatakan, ada 23 KPS yang tersebar di kelurahan/kecamatan di kota Padang, dan tempat ini juga akan menjadi sekretariat KPS yang tersebar di  Sumatera Barat," kata Maryadi Utama
#dn

No comments:

Post a Comment

PT.Sumatera Executive News Mengucapkan, Selamat datang di Website www.sumateraexecutive.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas