BMKG : 17 Titik Panas, BPBD Riau Harus Tingkatkan Patroli - Sumatera Executive

Breaking

Thursday, February 01, 2018

BMKG : 17 Titik Panas, BPBD Riau Harus Tingkatkan Patroli


Riau, SE - Wilayah Riau terdeteksi belasan titik panas oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tersebut.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru, Kamis, menyebutkan titik panas dengan tingkat kepercayaan diatas 50 persen itu pagi ini terpantau pada 17 titik.

Slamet menjelaskan titik panas yang mulai terpantau dalam 24 jam terakhir tersebut menyebar di tujuh kabupaten di Riau.

Kabupaten Indragiri Hilir merupakan wilayah penyumbang titik panas terbanyak dengan total enam titik panas dan Pelalawan sebanyak lima titik panas.

Titik panas juga terpantau di Kabupaten Indragiri Hulu dua titik, serta Bengkalis, Kampar, Kuantan Singingi, dan Siak masing-masing satu titik panas.

Lebih jauh, dari 17 titik panas yang terpantau pencitraan satelit Terra dan Aqua tersebut, lima titik lainnya terpantau sebagai titik api atau indikasi kuat Karhutla dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen.

"Pelalawa tiga titik, Kampar dan Indragiri Hulu masing-masing satu titik," ujarnya.

Slamet menuturkan bahwa musim kemarau awal 2018 ini diprediksi akan terjadi pada akhir Januari hingga awal Maret 2018.

Sementara itu, dengan munculnya titik-titik panas di seluruh Riau, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanget meminta kepada seluruh jajaran untuk melakukan tindakan pencegahan serta meningkatkan patroli.

#SE011/mediabenangmerah

No comments:

Post a Comment

PT.Sumatera Executive News Mengucapkan, Selamat datang di Website www.sumateraexecutive.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas